Wamen BUMN Bagikan Tips untuk Pengusaha Kecil: Literasi Keuangan dan Investasi Emas

Asuransi665 Dilihat

Kartika Wirjoatmodjo Ungkap Kunci Sukses Pengusaha Kecil

haveatutor.com Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Kartika Wirjoatmodjo, memberikan sejumlah tips kepada para pengusaha kecil agar dapat meningkatkan kesejahteraan mereka dan memastikan pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan. Dalam diskusi di Taman BRI di Jakarta pada Jumat (12/1), Tiko, sapaan akrab Kartika Wirjoatmodjo, menyoroti beberapa aspek kunci yang dapat mendukung kesuksesan pengusaha kecil.

1. Akses Pembiayaan Perbankan dan Pendalaman Bisnis

Menurut Tiko, pengusaha kecil perlu memastikan bahwa mereka memiliki akses mudah ke pembiayaan perbankan. Selain itu, pemahaman mendalam terhadap aspek-aspek bisnis yang ditekuni menjadi kunci utama. Dengan pembiayaan yang tersedia dan pemahaman bisnis yang baik, pengusaha kecil dapat membangun dasar yang kuat untuk pertumbuhan bisnisnya.

2. Perencanaan Keuangan yang Bijak

Setelah bisnis mulai berjalan dengan baik dan menghasilkan keuntungan, Tiko menekankan pentingnya perencanaan keuangan yang bijak. Literasi keuangan menjadi kunci untuk memahami cara mengelola keuangan dengan efektif. Pengusaha kecil perlu belajar menabung, memiliki aset, dan bahkan mulai berinvestasi untuk memastikan keberlanjutan keuangan mereka.

3. Perlindungan dengan Asuransi

Tidak dapat dipungkiri bahwa tantangan bisnis dan ketidakpastian dalam kehidupan pribadi selalu ada. Oleh karena itu, Tiko menyarankan pengusaha kecil untuk memiliki perlindungan asuransi. Asuransi tidak hanya melibatkan ketidakpastian dalam bisnis, tetapi juga melibatkan ketidakpastian dalam kehidupan pribadi. Dengan memiliki asuransi, pengusaha kecil dapat melindungi keuangan pribadi mereka dari dampak musibah.

4. Investasi Emas sebagai Pilihan Aman

Dalam pembahasan mengenai investasi, Tiko merekomendasikan pengusaha kecil untuk berinvestasi dalam emas. Investasi emas dianggapnya sangat cocok untuk pengusaha kecil karena risikonya yang rendah. Tiko menegaskan pentingnya untuk tidak salah menempatkan uang dalam instrumen investasi ilegal yang dapat mengakibatkan kerugian.

5. Edukasi Manajemen Kekayaan (Wealth Management)

Tiko menggarisbawahi pentingnya edukasi manajemen kekayaan bagi pengusaha kecil. Dengan edukasi yang baik, pengusaha kecil dapat mengelola kekayaan mereka secara efektif dan memastikan pertumbuhan kesejahteraan yang berkelanjutan. Edukasi ini mencakup pemahaman tentang berbagai opsi investasi, penghindaran praktik ilegal seperti judi online, dan pengelolaan wealth yang sehat.

Dengan tips-tips ini, Tiko berharap pengusaha kecil dapat terus naik kelas dan mengatasi tantangan yang mungkin dihadapi selama perjalanan bisnis mereka. Melalui literasi keuangan, investasi yang cerdas, dan manajemen kekayaan yang baik, pengusaha kecil dapat mencapai tingkat kesejahteraan yang lebih tinggi dan membangun masa depan yang lebih stabil.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *