Pentingnya Fitur ESP Saat Musim Hujan: Waspada Berkendara di Libur Akhir Tahun

Otomotif353 Dilihat

BMKG Prediksi Peningkatan Curah Hujan hingga Februari 2024

haveatutor.com Menjelang libur akhir tahun 2023, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperingatkan detikers tentang peningkatan curah hujan di Indonesia hingga Februari 2024. Bagi yang berencana berlibur dengan mobil, penting untuk meningkatkan kewaspadaan dan memanfaatkan fitur terbaik pada kendaraan.

Waspadai Kondisi Bahaya dengan Fitur ESP

Hariadi, Asst. to Service Dept. Head PT Suzuki Indomobil Sales, menekankan pentingnya memanfaatkan Electronic Stability Program (ESP) saat berkendara di musim hujan. Fitur ini, yang tersedia pada mobil Suzuki, memiliki peran krusial dalam menjaga stabilitas dan memberikan kontrol tambahan kepada pengemudi dalam kondisi berbahaya.

Mengenal Electronic Stability Program (ESP)

Apa sebenarnya fitur ESP (Electronic Stability Program)? Secara umum, ESP adalah sistem keselamatan aktif yang dirancang untuk menjaga stabilitas kendaraan saat menikung, terutama jika roda depan atau roda belakang tergelincir. Fitur ini juga mempertahankan traksi pada saat percepatan di permukaan jalan yang tidak rata atau licin.

Cara Kerja ESP untuk Keselamatan Berkendara

Ketika ESP mendeteksi potensi selip atau kehilangan traksi pada roda, sistem ini secara otomatis mengurangi tenaga mesin atau membagi tenaga pada roda yang membutuhkan lebih banyak traksi. Selain itu, ESP mengendalikan tekanan pengereman secara selektif, mengurangi risiko kecelakaan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *