Proyeksi Penurunan Penumpang KRL Commuter Line Sebesar 50% Selama Libur Nataru 2023-2024

Bisnis326 Dilihat

Antisipasi Penurunan Jumlah Penumpang KRL Commuter Line Saat Libur Natal dan Tahun Baru

haveatutor.com Dalam proyeksi terbaru, jumlah penumpang KRL Commuter Line diprediksi akan mengalami penurunan signifikan hingga 50 persen selama libur Natal 2023 dan tahun baru 2024.

Keterangan dari VP Corporate Secretary KAI Commuter

Meskipun demikian, Anne Purba, VP Corporate Secretary KAI Commuter, menyatakan kemungkinan adanya peningkatan jumlah penumpang pada hari H Nataru. Namun, diprediksi tidak akan sepadat saat hari kerja normal.

“Selama Nataru, kemungkinan penurunan bisa mencapai 50 persen, namun pada hari H-nya, orang yang ingin menggunakan kereta dan berlibur mungkin akan naik, meskipun tidak sepadat pada hari kerja biasa,” ungkap Anne Purba kepada Liputan6.com pada Sabtu (25/11/2023).

Faktor Momen Nataru dan Mudik

Anne menjelaskan bahwa selama momen Nataru, stasiun KRL Commuter Line cenderung sepi penumpang karena mayoritas masyarakat sudah melakukan mudik.

“Justru saat libur Natal, penggunaan KRL cenderung sepi karena orang-orang sedang mudik. Oleh karena itu, selama di sini, pada jam kerja, kita harus benar-benar memaksimalkan pelayanan,” tambahnya.

Pemeliharaan dan Frekuensi Perjalanan KRL Commuter Line

Pihak KAI Commuter menegaskan bahwa mereka tidak akan mengurangi frekuensi perjalanan meskipun penumpang sedikit. Sistem KRL Commuter Line beroperasi berdasarkan headway, yang berarti akan terus berjalan baik dalam kondisi ramai maupun sepi. Pemeliharaan hanya dilakukan pada jam-jam tertentu untuk menjaga kualitas layanan.

Dengan proyeksi ini, diharapkan pihak KAI Commuter dapat menghadapi libur Natal dan tahun baru dengan optimal, menjaga kualitas layanan, dan memberikan pengalaman perjalanan yang baik bagi penumpang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *