Suara Rem Berdecit: Penyebab dan Cara Mengatasinya

Otomotif782 Dilihat

Menjaga Sistem Rem untuk Keselamatan Berkendara

haveatutor.com Suara decitan pada sistem rem mobil seringkali menjadi tanda adanya masalah yang perlu segera diatasi. PT Hyundai Motor Indonesia mengungkapkan beberapa penyebab umum suara decitan pada sistem rem. Kenali penyebabnya dan cara mengatasinya di bawah ini.

Penyebab Suara Rem Berdecit

  1. Indikator Rem Habis

    Suara decitan pada sistem rem mungkin disebabkan oleh indikator kampas rem yang sudah tipis. Bila besi pada area kaliper sudah terlihat, itu menandakan bahwa kampas rem sudah habis dan perlu segera diganti.

  2. Piringan Rem Tidak Rata

    Piringan rem yang tidak rata dan bergelombang bisa menyebabkan suara rem berdecit. Jika piringan rem sudah menipis, segera ganti dengan yang baru. Namun, jika masih cukup tebal, Anda bisa mempertimbangkan untuk proses bubut agar permukaannya kembali rata.

  3. Kampas Rem Aftermarket

    Penggunaan kampas rem aftermarket yang memiliki tingkat keagresifan berbeda dapat menghasilkan suara decitan saat pengereman. Pastikan untuk memilih kampas rem yang sesuai dengan spesifikasi kendaraan.

Tindakan yang Perlu Dilakukan

Jika Anda mengalami masalah suara rem berdecit, segera periksakan mobil ke bengkel terdekat. Periksa komponen rem dan lakukan perawatan yang diperlukan untuk memastikan sistem rem berfungsi dengan baik dan aman selama berkendara. Dengan demikian, Anda dapat menghindari risiko kecelakaan yang disebabkan oleh sistem rem yang tidak berfungsi dengan baik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *